Jenis-Jenis Perguruan Tinggi Berdasarkan Pengelolanya

0
1527

Dalam praktiknya, perguruan tinggi dikelola oleh pihak-pihak tertentu. Adapun pihak-pihak pengelola tersebut biasanya adalah pihak pemerintah, ataupun swasta. Berdasarkan pihak pengelolanya, perguruan tinggi pun jadi terbagi atas beberapa jenis, yakni:

Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

PTN merupakan perguruan yang dikelola langsung oleh pemerintah, utamanya Dinas Pendidikan Nasional. Walau begitu, ada pula beberapa PTN yang dikelola oleh lembaga pemerintahan selain Dinas Pendidikan Nasional. UNPAD, ITB, dan UGM menjadi beberapa contoh dari PTN.

Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

berbeda dengan PTN, PTS dikelola justru oleh pihak swasta. Biasanya pihak swasta yang mengelola PTS adalah indicidu-indicidu tertentu atau kelompok/yayasan tertentu. Saat ini, jumlah PTS di Indonesia tergolong cukup banyak. UNISBA, BINUS, dan ITENAS adalah beberapa kampus yang tergolong ke dalam PTS.

Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK)

Dibandingkan dengan dua daftar sebelumnya, bisa dibilang kalau perguruan ini mungkin kurang begitu populer di telingamu. Adapun PTK sendiri merupakan lembaga pendidikan tinggi yang dikelola oleh lembaga pemerintah selain Dinas Pendidikan Nasional. Biasanya PTK dikelola oleh lembaga pemerintahan kementerian ataupun nonkementerian.

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dan Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) adalah dua contoh di antaranya. IPDN merupakan PTK yang dikelola oleh lembaga pemerintah kementerian, yaitu Kementerian Dalam Negeri. Sementara itu, STSN merupakan PTK yang dikelola oleh lembaga pemerintahan nonkementerian, yakni Lembaga Sandi Negara Republik Indonesia.

Demikianlah pembahasan beberapa jenis perguruan tinggi yang ada di Indonesia berdasarkan pengelolanya. Selain menambah wawasan, mengetahui dan mengenal berbagai jenis perguruan tinggi juga akan membantumu untuk menentukan di mana kamu akan berkuliah nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here