APA ITU MANAJEMEN WAKTU?
Manajemen waktu adalah cara yang dapat anda lakukan untuk menyeimbangkan waktu anda untuk kegiatan belajar atau bekerja, bersenang-senang atau bersantai, dan beristirahat secara efektif. Tanpa disadari, setiap saat anda sesungguhnya telah membuat beberapa putusan terkait manajemen waktu. Misal, anda memutuskan kapan akan belajar di rumah, berolah raga, beribadah, mengunjungi perpustakaan, bersantai, berdiskusi dengan teman, berbelanja, dst. Semua keputusan ini berperan penting didalam penyusunan strategi manajemen waktu anda.
Jika anda dapat menyeimbangkan waktu, maka diharapkan hasilnya adalah konsentrasi anda akan meningkat, organisasi waktu anda akan lebih baik, produktifitas akan meningkat, dan terpenting tingkat stress anda akan terkurangi. Dengan menata waktu anda secara lebih baik maka anda akan menemukan keseimbangan antara kapan harus belajar, bekerja, bersantai, dan beristirahat yang akhirnya akan membuat hidup anda sedikit lebih muda dan bahagia.
Ketika anda merasakan bahwa kerap kali anda terlambat ke sekolah, lupa ada alat praktik yang harus dibawa ke sekolah, lupa sama sekali bahwa ada pertemuan tertentu yang harus anda ikuti, membuang-buang waktu tanpa hasil yang jelas, mengerjakan tugas secara terburu-buru karena terpepet oleh dead-line, atau sehari menjelang ujian anda merasa panik karena merasa belum selesai membaca bahan pelajaran, atau tiba-tiba merasa waktu untuk bersantai hilang sehingga menjadi tertekan atau stress, maka itu gejala bahwa anda membutuhkan manajemen waktu yang baik.
ALASAN MENGAPA MANAJEMEN WAKTU MENJADI PENTING
Mengatur waktu secara rapi dan efektif bukanlah pekerjaan yang mudah apalagi berupaya untuk mentaatinya secara konsisten dan persisten. Sebagai anak muda dan mahasiswa anda pasti akan memiliki sekian banyak kegiatan dan tantangan baru, peran dan sekaligus tanggung jawab serta prioritas lain yang harus anda lakukan. Semua kegiatan dan tuntutan itu akan selalu bersaing merebut waktu dan perhatian anda. Masa adaptasi dari masa remaja yang sebelumnya menjalani pendidikan menengah ke masa dewasa muda yang mulai merintis pendidikan tinggi di perguruan tinggi membuat dan menuntut terjadinya perubahan besar di dalam menata manajemen waktu anda. Perubahan besar itu antara lain karena beberapa hal berikut ini:
- Meningkatnya peran dan tanggung jawab untuk belajar mandiri;
- Banyaknya aktivitas baru yang harus diikuti, misal olah ekstrakulikuler, OSIS dan/atau kelompok belajar baru, dan tugas sekoklah yang semakin berat;
- Teman-teman dan pengalaman baru;
- Tuntutan untuk lebih banyak mengambil keputusan mandiri tanpa campur tangan dari orang tua atau keluarga;
- Tempat tinggal dan lingkungan baru;
- Kebutuhan yang lebih besar untuk misalnya melakukan hal-hal rutin sehari-hari secara mandiri, misal berbelanja, memasak, mencuci, membersihkan kamar, membayar beberapa tagihan rutin;
- Mungkin pula anda harus bekerja paruh waktu atau mengurus keluarga yang tinggal bersama anda.
Itulah pengertian manajemen waktu dan pentingnya manajemen waktu. Apakah Anda sudah mampu melakukan manajemen waktu dengan baik atau sebaliknya? Jika belum, sebaiknya anda mulai mencoba dari sekarang untuk memperbaiki manajemen waktu Anda.