MENERIMA KESATUAN TUBUH

0
864

Salah satu tugas perkembangan remaja yang perlu diperhatikan adalah penerimaan diri dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada dirinya untuk digunakan secara optimal dalam kehidupan yang sehat.

Menerima diri dan menggunakan secara efektif, yang dimaksud adalah : setiap remaja harus merasa bangga atau sekurang-kurangnya merasa bangga akan badannya, menggunakan dan melindungi tubuhnya secara tepat dengan kepuasan pribadi.

Secara biologis remaja tergolong masa puber yang ditandai dengan perubahan-perubahan kelenjar endokrin yang memberi ciri-ciri kedewasaan terutama karakteristik seksual. Masa remaja adalah masa seseorang mengetahui keadaan fisiknya setelah dewasa; apakah ia akan tinggi, pendek, lebar, kurus, gemuk dan lain-lain, sebab pada masa remaja pertumbuhan yang baik atau tidak akan terlihat.

Selama masa pubertas ini perempuan akan mengalami perkembangan lebih cepat daripada laki-laki. Pada usia 10 sampai 16 tahun anak perempuan lebih matang daripada laki-laki. Badan anak-anak perempuan pada masa ini lebih besar daripada laki-laki. Pada usia 15 – 16 tahun anak perempuan sudah mencapai berat sebagai orang dewasa, sedangkan laki-laki terus berkembang hingga usia 18 tahun.

Untuk dapat menerima dan menggunakan secara efektif segala potensi yang ada pada diri remaja, diperlukan kesempatan bagi remaja tersebut untuk terlibat dalam berbagai kegiatan dan berbagai aktifitas. Disini remaja dapat belajar menerima dan menghargai dirinya sendiri, sehingga ia dapat menjadi orang yang percaya diri dan tahu pasti kegiatan apa yang sesuai untuk dirinya. Orang tua yang bijak akan memberi kesempatan dan mendorong putra-putrinya untuk melakukan berbagai kegiatan sesuai dengan bakat dan minatnya.

Contoh kegiatan-kegiatan yang dapat mengembangkan bakat dan meningkatkan rasa percaya diri Para remaja adalah : kegiatan olah raga, kesenian, penelitian, sosial, ekonomi perdagangan, organisasi, keagamaan dan sebagainya.

Secara umum dibandingkan dengan periode hidup lainnya, masa remaja merupakan masa keemasan di bidang kesehatan, umumnya remaja jarang sakit dan memiliki semangat hidup yang kuat. Permasalahan akan timbul jika remaja tersebut terlalu khawatir dengan penampilannya; kecanduan rokok, alkohol dan obat terlarang serta memiliki kehidupan seks yang kurang sehat.

Masa remaja merupakan masa yang menentukan di dalam hidup manusia. pola asuh keluarga memegang peran penting dalam membentuk pribadi sang anak agar dapat menghasilkan gambaran pribadi manusia dewasa yang utuh, elegan dan tangguh dalam menghadapi hidup dan kehidupan masa depan. Pola pendidikan dan penanganan yang tepat kepada remaja akan membawa mereka menjadi orang-orang dewasa yang efektif dan kreatif sementara kekerasan, penelantaran atau penanganan tidak tepat akan menjerumuskan remaja ke masa depan yang suram.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here